Friday 17 February 2012

Nah pada episode (ciecie) kali ini ane akan sedikit membahas tentang bagaimana cara untuk mengkompile file berekstensi .java dari command prompt. Caranya sangat mudah alias tidaklah sulit :), yuk langsung aja ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat dulu program atau file .java yang akan kita compile melalui notepad, kemudian tentu saja disimpan dengan ekstensi .java (dalam hal ini saya menyimpan file tersebut di C)

Contoh :


2. Pastikan settingan PATH nya benar, klik kanan my computer --> properties --> Advanced system settings --> Environment Variables , kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini


Gambar diatas merupakan pengaturan yang sudah ada PATH nya
sehingga tinggal men-settings seperti gambar bercetak biru(tentunya jdk disesuaikan dengan netbeans yang agan-agan pake) dengan klik tombol Edit (Dalam hal ini saya menggunakan netbeans 7.0.1 dan jdk1.7.0) jadi pengaturannya C:\Program Files\Java\jdk1.7.0\bin.



Untuk yang tidak ada PATH nya klik tombol New , maka akan tampil seperti gambar dibawah


Beri nama Variable name : PATH dan Variable value : C:\Program Files\Java\jdk1.7.0\bin(tentunya jdk disesuaikan dengan netbeans yang agan-agan pake), berikutnya klik OK.

3. Selanjutnya mengetes program yang kita buat tadi melalui commad. Langsung aja masuk ke command dan masuk ke direktori dimana file program yang kita buat tadi bersemayam.

4. Untuk mengkompile file .java tadi ketik perintah javac kemudian nama file .java yang kita buattadi dimana program yang saya buat tadi bernama Hai.java maka perintahnya javac Hai.java selanjutnya tekan Enter. Maka dalam directori C tadi akan terbentuk file Hai.class.

5. Langkah terakhir ketik java  kemudian nama file yang kita buat tadi (dalam hal ini menjadi java Hai) maka akan tampil seperti gambar di bawah



Nah , mudah bukan. Mungkin itu penjelasan singkat tapi agak panjang :D dari ane semoga bermanfaat dan selamat mencoba :) ….!!!
Posted by Unknown On 22:26 No comments

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Recent Post

Entri Populer

Total Pageviews

Visitor



Flag Counter

    About

    Orang yang berilmu mengetahui orang yang bodoh karena dia pernah bodoh, sedangkan orang yang bodoh tidak mengetahui orang yang berilmu karena dia tidak pernah berilmu.